Ibu Bapak, Tolong Sebarkan! Lindungi Bayi Anda Mulai Sekarang! Benarkah Bayi Yang Baru Lahir Tidak Boleh Dibawah Keluar Rumah Sebelum 40 Hari?



The ViralzTerkadang satu mitos yang turun karena ada satu kepercayaan dari nenek moyang yang dengan cara turun temurun mereka wariskan pada anak cucunya Ada yang berupa satu kebiasaan, larangan serta saran untuk lakukan satu hal yang di anggap sakr4l. 

Seperti cerita wanita yang ditulis dari kompas. com. lewat satu komunitas diskusi yang mengulas mengenai kesehatan, seseorang wanita bertanya pertanyaan seperti berikut : 

Halo dokter, saya tengah hamil 8 bulan. Yang menginginkan saya tanyakan, benarkah bayi baru lahir yang berusia kurang dari 40 hari tak bisa dibawa jalan ­jalan ke luar rumah? Saya sering memperoleh nasehat seperti itu. Apakah bila bayi tidak dipegang­ pegang oleh orang ia bisa tertular penyakit? Mohon keterangan dokter. Terima kasih. 

jawab Bayi yang masihlah begitu muda, kurang dari usia 1­2 bulan memanglah baiknya tak terpapar dulu dengan orang banyak mengingat resiko transmisi/penularan kuman penyakit semakin besar apabila semakin beberapa orang yang kontak dekat dengannya. 

Sistem kekebalan tubuh bayi belumlah sebagus anak ­anak yang lebih besar hingga ia akan lebih mudah tertular penyakit yang inf3ksius. Terutama apabila belum memperoleh imunisasi yang cukup/lengkap. 

Jauhi kontak erat dengan banyak orang, lakukan membersihkan tangan dengan bersih sebelum bersentuhan dengan bayi, praktik gaya hidup yang bersih serta sehat, imunisasi yang lengkap serta teratur dan pemberian ASI eksklusif bakal meminimalkan resiko terjadinya penularan penyakit pada bayi. 



sumber : kompas.com

.

Ibu Bapak, Tolong Sebarkan! Lindungi Bayi Anda Mulai Sekarang! Benarkah Bayi Yang Baru Lahir Tidak Boleh Dibawah Keluar Rumah Sebelum 40 Hari?
4/ 5
Oleh