Bulan Terbelah di Langit Amerika 2, Mengajarkanku Bertoleransi


TheViralz - Hai! Tadi malam aku menghadiri gala premiere Bulan Terbelah di Langit Amerika 2, dan langsung pengen nge-review film ini. Over all filmnya bagus dan keren abis! Sebelum aku ngomongin filmnya, aku mau cerita sedikit tentang gala premierenya, nih.

Nah, jadi aku dapet tiket gala premiere Bulan Terbelah di Langit Amerika 2 karena aku menang kuis nonton bareng BTDLA 2 yang diadain di Instagram. Beruntung bangetkan?!  Gala premierenya sendiri berlangsung di XXI Plaza Indonesia. Acaranya rameee banget dan aku ketemu banyak artis termasuk para pemainnya, pejabat dan vlogger terkenal. It was such a great experience!

Filmnya sendiri menurutku keren banget dan pesan yang diangkat dapat tersampaikan. Pesan yang paling aku tangkep dalam film ini adalah “toleransi”, baik toleransi antar agama dan antar etnis. Banyak adegan-adegan mengharukan yang memperlihatkan toleransi. Diantara adegan-adegan dalam film, ada tiga adegan yang menurutku sangat menyentuh dan kental banget toleransinya.

Pertama, ketika Hanum dan Rangga bertemu dengan keluarga etnis China di sebuah dermaga. Adegan ini seolah-olah mengatakan “Muslim dan etnis China baik-baik saja”. Seakan menghapus barrier yang ada selama ini.

Adegan kedua ketika Sarah Collins, seorang gadis kecil membacakan sebuah puisi. Sarah yang merupakan Muslim Amerika membacakan puisi yang begitu menyentuh mengenai toleransi dan kedamaian dunia. Kata-kata yang paling kuingat adalah “Where green eyes, blonde hair, or dark skin can share each other. A piece of laugh, a piece of life”.

Nah yang paling menyentuh adalah adegan-adegan antara Ajima dan ibunya, Haychint. Mereka telah memeperlihatkan toleransi beragama yang begitu kuat meskipun mereka berbeda agama. Dengan tetap pada kepercayaannya masing-masing tetapi kemudian mereka dapat bersama.

Dari film ini aku sadar betapa pentingnya menjaga toleransi. Apalagi saat ini banyak isu-isu bertebaran di tengah-tengah masyarakat dunia bahkan di Indonesia sendiri, yang mungkin saja dapat memecahkan kita. Film ini berhasil mengajarkanku untuk tidak berprasangka buruk pada sesama manusia, meskipun kita berbeda etnis ataupun berbeda agama.

So, film ini harus banget ditonton sama semua orang, gak cuma yang Muslim aja.  Terutama bagi orang-orang yang selama ini masih saja menganggap ada batasan-batasan antar agama atau etnis dan ras yang pada akhirnya saling menimbulkan kecurigaan. Agar kita dapat saling menghormati perbedaan dan dapat berjalan bersama di atas dunia ini.

.

Bulan Terbelah di Langit Amerika 2, Mengajarkanku Bertoleransi
4/ 5
Oleh