Hati-Hati Bagi Pasutri, Islam Tidak Memperbolehkan Melakukan Hal Ini di Dalam Rumah Tangga!


TheViralz - Sangat mudah sekali menunjukkan kesalahan orang lain. Betapapun sekecil apa pun kesalahan itu. Hal ini sering memicu pertengkaran terutama pada pasangan suami istri dikarenakan sifat egoisme masing-masing yang tidak ingin mengalah. Tanpa kita sadari kita sering menuntut hak tanpa mempedulikan apakah kewajiban kita sudah dipenuhi.  Setiap pasangan pasti sering mengalami kesalahan-kesalahan. Akan tetapi, pasangan yang baik adalah mereka yang mampu saling memaafkan. Berikut adalah beberapa kesalahan yang dilakukan oleh suami dan istri dalam rumah tangga islam :

Kesalahan Suami Terhadap Istri

Tidak mengenalkan agama

Tujuan utama insan manusia menikah adalah untuk beribadah kepada Allah. Namun akan menjadi salah besar bila setiap pasangan tidak menyadari hal ini. Terlebih sang suami yang tidak mengajarkan agama kepada istri. Agama adalah kunci utama biduk rumah tangga setiap pasangan. Bila kedua insan saling memahami hal ini, insyaallah keluarga akan tentram. Seperti yang dijelaskan dalam QS. At-Tahrim:6) yang menganjurkan setiap laki-laki agar mengajarkan agama kepada sang istri.

Tidak memiliki rasa cemburu


Memang benar, rasa cemburu adalah bumbu utama kehidupan berumahtangga. Seorang lelaki tidak boleh rela membiarkan sang istri mengumbar aurat di depan lelaki lain.

Tidak menafkahi istri


Banyak sekali laki-laki yang tidak memberi nafkah kepada istri. Mereka membiarkan sang istri bekerja dan sang suami malah diam di rumahnya Seorang lelaki seharusnya merawat sang istri karena mereka rela meninggalkan orangtua untuk mengapdi pada prianya. Dalam hadist juga dijelaskan (HR. Bukhari) bahwa tidak akan beruntung sebuah kaum yang dipimpin oleh seorang istri.
 
Menyebarkan aib istri


Tidaklah mulia bila seorang lelaki menyebarkan aib sang istri kepada teman-temannya. Dalam hadis juga diriwayatkan seorang lelaki menyebarluaskan aib sang istri. Hal ini sudah menjadi keharusan untuk menyimpannya rapat-rapat dalam biduk rumah tangga.

Tidak membantu pekerjaan istri

Banyak suami yang berpikir bahwa pekerjaan rumah tangga adalah sepenuhnya tanggung jawab sang istri. Padahal dalam hukum islam hal ini salah besar. Rasullullah telah menerapkan hal ini dengan membantu pekerjaan sang istri. Tidak hanya itu, seorang lelaki seharusnya memperlakukan sang istri dengan lembut dan penuh kasih sayang. Sudah sebaiknya agar sang suami menjaga istri dan merawatnya dengan baik.

Dosa Yang Sering Dilakukan Istri Kepada Suami:

Menyepelekan


Seringkali sang istri menyepelekan kebaikan sang suami. Sudah sebaiknya sang istri patuh dan taat terhadap suami selama apa yang diminta suami sesuai syariat agama. Seornag istri tidak boleh kufur terhadap kebaikan yang diberikan sang suami.

Istri tidak menaruh hormat pada keluarga suami

Ini adalah hal yang bahaya dan dilaknat oleh Allah. Seorang istri sudah seharusnya bersikap lemah lembut kepada orang tua suami selayaknya orangtua sendiri. Istri tidak boleh mendominasi sang suami dan menyebabkan sang orangtua tidak mendapatkan hak dari anaknya.

Bepergian tanpa ijin suami

Seorang istri kemanapun ia pergi harus ditemani oleh mahramnya. Hal ini ditujukan agar tidak terjadi hal-hal yang diinginkan terhadap sang istri. Allah memerintahkan agar sang suami senantiasa mendampingi istri dan melindunginya. Karena itu, perbuatan tidak minta ijin sang suami adalah hal yang sangat tidak diindahkan.

Membangkang dan mengungkit kebaikan suami


Banyak sekali saat pertengkaran di dalam rumah tangga terjadi, sang istri mengungkit-ungkit kebaikan sang suami sampai-sampai menyakiti harkat dan martabatnya. Disamping itu, sang istri tidak dianjurkan melayangkan gugatan cerai tanpa alasan syar’i.



Sumber : http://www.muslimah.co.id

.

Hati-Hati Bagi Pasutri, Islam Tidak Memperbolehkan Melakukan Hal Ini di Dalam Rumah Tangga!
4/ 5
Oleh